Asisi, sangat di kenal bagi para penziarah untuk berziarah keagamaan. Kota yang dibangun dengan banyak gereja oleh Francescus Asisi, menyimpan suasana yang berbeda dengan kota -kota yang lainnya, lebih tersa keagamaan karena banyaknya para biarawan dan biara wati yang tinggal. dan turis yang ada lebih banyak adalah dengan motif religius.
Lepas dari itu Asisi juga kota turis yang pastinya banyak cafe dan bakery yang ada menawarkan buah tangan asli Asisi.
Toko kue yang saya masukkin terdapat di pusat kota. dengan etalase kue2 rotolla yang besaral dari marzipan. Yang berasal dari pasta almond. rasanya pasti manis seperti biskuit almod yang berbentuk seperti gulungan dan di panggang.Dan juga ada kue yang bentuknya seperti strudel, namun versi yang ini lebih keras dari strudel yang merupaka seperti pai tapi di gulung.Juga disini banyak ditawarkan coklat dengan ukuran yang besar seperti topi dan membelinya dihitung per gram.Dan banyak kue -kue yang di jual di beri gambar Fransiskis Asisi untuk menarik pengunjung.
Di toko-toko bahan makanan banyak di temuin jamur truffle hitam Asisi, bukit -bukit sekitar asisi merupakan salah satu dari banyak tempat italia yang menghasilkan jamur truffel.
Ketika saya berjalan sedikit keluar ada sebuah rumah dengan pohon-pohon zaitun menulis menjual minyak zaitun . langsung saya tanpa berpikir panjang mendatangin rumah tersebut dan membeli 2 liter, ibu yang menjual mengatakan hasil langsung dari pohon yang dia punya. harga cukup diatas dari supermarket yang ada satu liternya 9 euro sedangkan kalo supermarket untuk kualitas baik 7 euro sudah bisa kita dapatkan.
Ketika saya sampai rumah langung saya coba...beda dengan rasa minyak zaitun yang saya beli, rasanya lebih manis dan harumnya beda, enak saya bikin untuk teman makan salad. keju...nggak sia sia juga untuk membeli.