Semua  buku petunjuk turis mengatakan salah satu tempat terbaik di Toskana adalah San gimignano,berada di bukit dan banyak menara tinggi (300m) yang di bangun 200-300 sebelum masehi.
Cuma selain itu untuk urusan makanan ada dua yang menarik di San gimignano yaitu, Gelateria( tempat penjualan Gelato) dan Musium wine...
Saya pergi ke San gimignano mengunakan kereta sampai ke Pongibongsi di lanjutkan naik bis ke sanGimignano kurang lebih 2 jam total perjalanan.
Sesampai di sangimignano, kita merasakan masuk ke pintu besar taman hiburan semacam disney, karena menuju pusat kota ada gerbang yang besar sekali dan banyak sekali turis asing turun dari bis menuju San gimignano.
Saya langsung menuju ke Piazza yang di beritakan oleh banyak teman ada sebuah gelateria juara dunia....
hmmm juara duania...seperti apa yan enaknya.....
Sampai Piazza saya melihat gelateria kecil dengan antrian para pembeli dan dengan Tulisa di depan The winner of worl gelato championship.Oh ya gelatiria bernama Gelateria di Piazza( karena letaknya di piazza)
walaupun antrian cukup panjang tapi tidak menunngu terlalu lama. Ketika giliran saya, saya memilih pistaccio dan lemon. Disini berbegai macam rasa tidak hanya seperti rasa norma yang ada tapi seperti basil dan rosmari. Ketika saya mencoba....mmmmmm  gelato yang lembut, tapi memang beda dengan gelato yang ada aroma yang di rasakan seperti bukn aroma imitasi ...Salah satu teman saya ada yang mencoba rosmary dan rasanya...seperti rosmari......
Setelah mencoba gelato,tujuan kedua ke musium wine, musium yang terletak atas kota, jadi kalau kita menuju kesana sedikit berjalan menanjak, tapi nggak terlalu berat karena San gimignano merupakan kota yang kecil.
Musium nya ternyata cukup kecil didepan terdapat bangku2 untuk menikmati wine dan sebuah spanduk kecil petanda musium wine, di dalam langsung kita bisa meneumakn sebuah alat besar yang pada jaman dahulu untuk memeras anggur,dan tak jauh dari itu sebuah ruang kecil yang memutar film tentang proses pembuatan wine.Ada ruang yang cukup menarik bagi saya, adalah ruang pencicipan wine. Disini kita bisa mencicipin wine, yang ada di bantu oleh seorang somelier( ahli wine) yang menerangkan kita tentang wine yang akan kita coba. Untuk mencicipi satu gelas wine seharga 5 euro.
Sambil minum wine kita bisa duduk dibangku depan menikmati pemandangan San gimignano dengan 9 menara yang menjulang tinggi di temanin seorang pemusik ( yang setiap minggu pada musim panas) memaikan gitar...