cukup beruntung saya dapat mengunjungi pabrik Kopi Mokaflor di firenze. Mokaflor merupakan salah satu kopi yang cukup dikenal di daerah Toscana. Tidak hanya memproduksi kopi tapi kita juga dapat menemui kafe di sekitar Toscana dengan nama Mokaflor yang pastinya menggunakan produk kopi dari Mokaflor.Pertama rencananya saya hanya ingin mengikuti kursus Latte art, namun karena ternyata murid hanya saya.( ceritanya privat, karena sebenarnya kelas latte art telah di adakan sehari sebelumnya) akhirnya saya di beri kesempatan untuk mengunjungi pabrik. Dengan pegawai yang tidak banyak , ternyata kopi yang diproduksi juga di ekspor ke Eropa timur . Dipabrik kita melihat proses pengorengan biji kopi, enciuman kopi ,hingga pengepakan. Disela2 tumpukan biji kopi saya menemukan tumpukan karung biji kopi dari Indonesia. Ternyata dalam sebuah pak kopi bubuk yang di buta terdiri dari berbagai macam biji kopi . misalnya dari indonesia bercampur dengan biji kopi India dan dari negara eropa. '' biar terasa lebih enak,'' jalas Gabrielle yang pada saat itu menjadi guide saya. Akhir dari jalan-jalan saya mengikuti kursus latte art dan mencicipi (tepatnya meminum) 30 cup kopi espresso dan capuccino