Sebelum musim dingin mulai, saya menyempatkan diri datang ke Rvena, Kota yang berada di wilayah Emilia, pada negara bagian Emilia Romagna ini memiliki ciri khas tersendiri dari arsitektur dan peninggalanya, dan merupakan salah satu kota yang merupakan di lestarikan oleh UNESCO, ciri kahnya dalam benguna terdapat mosaik. Karena Ravena kota yang terletak dekat pantai, makanan khasnya adalah seafood. Tapi saya tidak ke pantai, melainkan ke pusat kota( maklum pada waktu sebelum musim dingin kepantai yang ada pemandangannya hanya ombak yang terlalu tinggi dan angin yang sangat menusuk tulang...brrrrrrr). Sesampai di stasiun Ravenna, tak jauh ada kios yang menjual Piadina. Piadina makanan khas asal Ravena yang berbentuk seperti roti cane, dimakan dengan kaju daging seperti sandwich. Kalau di restauran merupakan salah satu makanan pembuka atau anti pasta. Saya membeli dengan isi keju dan jamur porcini. Di kios ini sedikit beda dengan kios lainnya, karena biasanya piadina sudah jadi roti dan tinggal di hangatkan sedangkan ini benar dari tepung di buat, jadi kita bisa menlihat proses pembuatannya. Dingin-dingin makan piadina hangat-hangat....yang sebelumnya badan seperti masuk angin jadi membaik. Setelah makan, saya mutar-mutar di sepuitar kota , pada saat menjelang natal banyak terdapat pasar kaget yang menjual berbagai macam kebutuhan untuk natal dan tidak terkecuali makanan tentunya.Hidung saya tiba tiba mengendus bau manis karamel....ternyata sebuah kios yang mejual segala macam bentuk gula-gula, coklat dan kacang home made. Saya langsung membeli 1 ons kacang manis tepung, mengingatkan saya dengan kacang manis yang di jual di kios oleh2 yang ada di jakarta, rasanya namanya kacang tetap sepati kacang, tapi yang membedakan adalah gulanya sudah seperti karamel, jadi lebih kriuk..kriuk.....