Perugia, salah satu kota yang cukuplama saya singgahin karena saya mengambil kuliah sekitar 4 bulan disini. Sering keluar makan bersama teman , namun ada 2 tempat yang cukup menarik dan harganya cukup terjangkau dengan kantong saya. Pertama pizzeria Pizzaio, berada di centro tepatnya Porta Sole, berbeda dengan berarsitektur chic mediterania di dalamnya, bergaya mediterania, tapi di atur dengan modern jadi tidak terasa kuno, di dalam di gantung buah seperti labu, dan cabai segar sebagai penghias. Harganya untuk satu loyang pizza( satu loyang di makan untuk satu orang)sekitar 4 euro.Saya memilih Pizza tartuffi. Pizza tarttufi yang tanpa saus tomat hanya dengan keju mozzarella, terasa sangat tersa kejunya.Dan pizzanya cukup tipis dari pizza italia biasanya jadi kita memekan satu loyang nggak merasa bersalah...
Tempat kedua yang juga favorit saya( pssssttt.....termasuk murah) namanya tratoria al Mangiare Bene.( artinya makan enak). Karena Tratoria dan bukan restauran, kita dapat menemui menu yang cukup terjangkau muai dari 4 euro. Saya memilih anti pasta( makanan pembuka Trippa atau babat sapi yang di masak dengan saus tomat dan hati sapi di makan dengan roti fresh umbria. Utuk ukuran anti pasta menurut saya sangat mengenagkan. Sedangkan untuk makanan utamanya saya memilih pasta dengan saus sugo ( saus tomat). Sempat menyesal juga saya memesan pasta, karena perut sudah tersa penuh dengan anti pasta, untungnya pasta di sediakan porsi terlalu besar, jadi saya tetap bisa menghabiskannya, Ohya , pastanya merupakan fresh pasta, kita bisa merasakan pasta yang lembut di lidah dengan saus tomat dan di taburi keju parmesan.Di tratoria ini arsitekturnya sesuai dengan ciri kota perugia yang sangat berpengaruh arsitektur abad pertengahan. Didalam bergaya dengan batu bata dan berkubah. Sayangnya ruang cukup gelapjadi untuk memoto tidak maksimal .